Wednesday, January 28, 2009

Memperbaiki Masalah Umum Pada Windows XP

Walaupun Windows XP dikemal sebagai seri sistem operasi Windows yang paling stabil (sekalipun dibandingkan dengan Windows Vista) tapi juga tidak bisa 100% sempurna, terkadan tejadi error. Di antara beberapa masalah yang terjadi Windows XP sebagai berikut :

A. Menutup Program Yang Tidak Berjalan Dengan Normal (Not Responding).
Terkadang suatu program tidak berjalan dengan normal atau not responding, tapi juga tidak bisa ditutup Hal ini disebabkan beberapa factor seperti file system aplikasi rusak, error, atau hilang; menjalankan beberapa aplikasi sekaligus; atau system Windows yang bermasalah, hang, atau over-heating. Apabila hal ini terjadi, mungkain anda harus memaksa keluar atau mematiakn aplikasi yang not responding menggunakan [Windows Task Manager] seperti langkah berikut :


1. Secara bersamaan, tekan tombol [Ctrl + Alt + Delete] pada keyboard untuk membuka [Windows Task Manager].
2. Pilih tab [Application] > pilih aplikasi yng statusnya not responding > klik tombol [End Task].
3. Apabila aplikasi tidak bisa ditutup dengan segera, akan pesan yang menyatakan “aplikasi tidak merespon”. Lanjutkan dengan mengklik tombol [End Now].
4. Apablia aplikasi masih belum juga menutup, langkang terakhir adalah me-restart
B. Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Cara Biasa.
Pada saat sebuah file rusak, biasanya Windows XP akan melindungi eksistensi sebuah file pada saat akan dihapus. Windows akan menampilkan pesan error yang mengatkan bahwa “File tidak dapat dihapus karena sedang digunakan”. Bahkan,setelah komputer telah di-restart pun mencoba menghapus file tersebut, tetap akan tampil pesan tersebut.

Perhatian : berhati-hati pada saat mengubah file registry. Penghapusan atau pengubahan entry yang tidak tepat akan menyebabkan system bermasalah.

Apabila anda sudah yakin file yamg akan dihapus bukan file sistem atau registry dan tetap ingin “memaksa” Windows untuk menghapus file tersebut, lakukan langkah berikut :
1. Tutup semua dokumen, program, atau aplikasi yang sedang dijalankan.
2. Restart computer.
3. Coba hapus kembali file tersebut. Apabila cara ini belum juga berhasil, restart kembali computer.
4. Ketika computer booting, tekan dan tahan tombol [F8] untuk masuk ke dalam Windows [Safe Mode]. Pada dasarnya, kondisi Safe Mode tidak berbeda dengan Windows mode mormal, hanya kualitasnya dibawah mode Windows normal.
5. kemudian, cari file yang ingin dihapus (sebelumnya,yang tidak bisa dihapus).
6. Apabila berhasil menghapus file tersebut, restart kembali computer untuk masuk kedalam Windows mode normal. Namun, jika cara ini masih belum berhasil, lihat menu [Help] pada Windows untuk mencari solusi lebih lanjut.


Untuk menghapus file video dengan file ekstensi [*.avi].
1. Klik tombol [Start] > [Run] > ketik [regedit] > tekan tombol [Enter] program untuk menampilkan [Windows Registry Editor].
2. Buka folder registry berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Classes/CLSID/{87D62D94-71B3-4b9a-94895FE6850DC73E}
3. Klik kanan pada key [InProcServer32] > pilih dan klik [Delete].
4. Selanjutnya akan tampil kotak dialog konfirmasi, klik tombol [Yes].
5. Tutup [Windows Regestry Editor].
6. Restart computer anda. Saat Windows load, anda sudah bisa menghapus file [*.avi].

Comments :

0 komentar to “Memperbaiki Masalah Umum Pada Windows XP”


Post a Comment